Tips Memilih Aki Mobil Yang Bagus

tips memilih aki mobil yang bagus

 

Tips Memilih Aki Mobil


Kapasitas dan Ukuran
Tips memilih aki mobil yang pertama adalah perhatikan kapasitas atau amper aki, ukuran atau dimensi serta tegangannya. Usahakan kapasitas dan tegangan aki sama karena ukuran aki bisa berbeda meskipun dengan kapasitas yang sama.
Kapasitas dan tegangan yang lebih besar dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Kapasitas dan tegangan biasanya tertulis di casing aki.

Tipe Aki
Ada aki basah, aki Maintenance Free ( MF ) dan aki kering. Aki kering memiliki performa paling bagus tetapi memiliki kekurangan yaitu kurang tahan panas dan harganya lebih mahal.

Letak Terminal
Perhatikan letak terminal positif dan negatif terminal aki, karena tidak semua aki pada masing-masing mobil memiliki letak terminal yang sama. Ada terminal positif aki yang terletak di kanan maupun kiri.
Untuk menghindari karat pada terminal aki bisa dilumasi dengan grease atau gemuk pada masing-masing terminal aki sebelum pemasangan.

Garansi
Tips memilih aki mobil yang terakhir jangan lupa untuk mempertimbangkan garansi yang diberikan saat membeli aki. Rata-rata garansi yang diberikan saat membeli aki berkisar antara 3 bulan hingga 1 tahun.

Topik terkait :