Umur Aki Mobil

Umur Aki Mobil
Umur Aki Mobil

Seperti yang kita tahu, aki merupakan komponen penting pada mobil terutama untuk stater atau awal menghidupkan mesin mobil selain berfungsi sebagai penyuplai komponen kelistrikan. 


Aki atau accu juga memiliki usia pakai meskipun dapat dicas kembali atau di recharge. 


Berapa Lama Umur Aki Mobil?

Umur aki mobil pada umumnya berkisar antara 1 - 2 tahun dengan asumsi pemakaian normal. Bahkan terkadang dapat mencapai usia 4 tahun.

Banyak faktor yang mempengaruhi umur aki mobil kita seperti misalnya pemakaian mobil. Selain itu adalah bagaimana cara kita merawat aki itu sendiri. Perawatan yang tepat akan memperpanjang umur aki mobil kita.

Faktor Yang Mempengaruhi Umur Aki

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi performa dan umur aki mobil. Apa saja faktor yang mempengaruhinya? Berikut ulasannya.

1. Intensitas Pemakaian Mobil

Semakin tinggi jam terbang suatu kendaraan dapat berpengaruh terhadap usia pakai aki. Karena semakin sering mobil digunakan, semakin sering pula daya atau energi aki yang keluar untuk menyuplai kelistrikan. 

Hal tersebut berimbas ke semakin banyak terjadinya siklus discharge dan recharge yang berulang-ulang. Hal tersebut tentunya akan mengurangi usia aki sebagaimana umumnya.

Terlebih jika mobil lebih sering untuk pemakaian jarak pendek. Karena otomatis menjadikan makin seringnya melakukan stater mobil. Stater mobil memerlukan daya yang besar sehingga menguras daya aki yang besar pula. Jadi secara tidak langsung akan mempengaruhi usia pakai aki.

2. Mobil Sering Didiamkan Dalam Waktu Yang Lama

Mobil yang jarang dipakai dapat membuat umur aki lebih pendek. Saat mobil lama tidak digunakan, aki akan mengalami self discharge meskipun tidak digunakan. 

Sedangkan saat mobil dinyalakan, akan terjadi pengisisan sehingga aki tak kekurangan bahkan tidak sampai kehabisan daya yang dapat membuat aki tekor.

Rajinlah memanaskan mobil setidaknya 3 hari sekali agar performa aki tetap terjaga.

3. Mobil Sering Parkir Di Tempat Panas

Adakalanya tempat parkir kendaraan berada di tempat terbuka tanpa atap yang menghalangi teriknya sinar matahari. Panas dari sinar matahari akan membuat suhu aki menjadi panas yang dapat mempengaruhi usia pakai aki.

4. Pemasangan Aksesoris/Perangkat Elektronik Berdaya Besar

Pemasangan aksesoris tidak standar pada mobil seperti audio disertai speaker dan amplifier dengan daya besar, head lamp/lampu kepala dengan daya melebihi standar pabrikan serta aksesoris lainnya, dapat membuat kerja aki bertambah berat karena harus menyuplai arus listrik ke perangkat tersebut dengan beban yang besar.


Selain hal tersebut di atas masih banyak hal mengenai cara merawat aki mobil yang perlu dilakukan. Dengan mengetahui cara merawat aki mobil yang benar kita dapat memperpanjang umur aki mobil kita.

Topik terkait :