Perbedaan Aki Kering dan Basah

|| || || Leave a komentar

 
perbedaan aki kering dan basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan aki kering dan basah? Mungkin terbesit di pikiran kita di jaman sekarang yang sebelumnya kebanyakan kendaraan menggunakan aki basah namun sekarang tak sedikit pula yang lebih memilih aki kering. sehingga tak jarang para pemilik kendaraan menjadi bingung saat akan membeli aki.

Perbedaan aki kering dan basah dari segi harga

Dari segi harga tipe aki kering lebih mahal daripada aki basah karena teknologi dan bahan yang digunakannya.

Perbedaan aki kering dan basah dari segi perawatan

Dalam hal perawatan, aki kering lebih minim perawatan atau disebut Maintenance Free karena kita tidak perlu direpotkan untuk mengecek kondisi level air aki seperti yang dilakukan pada tipe aki basah.
Sedangkan untuk perawatan aki basah, di dalamnya terdapat sel-sel  yang harus terendam air aki sehingga kita harus sering melakukan pengecekan terhadap level air aki tersebut.

Perbedaan aki kering dan basah dari segi konstruksi

Secara fisik aki kering mempunyai warna casing yang gelap atau tidak transparan seperti casing pada tipe aki basah. Pada aki kering juga tidak terdapat lubang-lubang tempat mengisi air aki. Selain itu di dalam aki kering terdapat semacam gel sebagai pengganti cairan elektrolit seperti yang terdapat pada aki basah.
Sedangkan aki basah terdapat sel-sel di dalamnya yang terendam air aki ( asam sulfat ) serta terdapat lubang di tiap selnya untuk mengisi air aki.


Meskipun secara kualitas sama, tinggal kita yang menentukan pilihan. Aki kering yang minim perawatan namun dengan harga yang sedikit lebih mahal, atau aki tipe basah dengan harga yang lebih murah namun harus rajin-rajin melakukan perawatan atau sering-sering mengecek kondisi air aki itu sendiri.

Topik terkait :