Cara Jumper Aki Mobil yang Aman dan Mudah

 Cara Menjumper Aki Mobil yang Mogok

Jika mobil kita tidak mampu start ( dengan asumsi aki soak ) dan dalam keadaan darurat, maka satu-satunya cara adalah dengan menjumper aki mobil kita. Berikut cara jumper aki mobil.

Persiapan :
  • Mobil dengan kondisi aki mobil yang bagus dan memiliki tegangan aki yang sama.
  • Kabel jumper dengan diameter tebal. Tujuannya agar saat menjumper kabel tidak meleleh karena kabel jumper yang terlalu kecil dapat menjadi panas saat digunakan untuk menjumper, bahkan terkadang mobil tidak mau distart pada saat dijumper.
kabel jumper mobil yang aman
kabel jumper mobil yang aman

  • Perhatian : Hindari kontak langsung antara terminal positif ( + ) dengan terminal negatif ( - ) pada satu aki. Hal tersebut dapat menimbulkan percikan api bahkan meledakkan aki !
Langkah menjumper aki mobil :

1. Hubungkan kabel jumper positif/warna merah ( 1 ) dari terminal positif ( + ) aki mobil yang bagus ke terminal positif ( + ) aki mobil yang soak ( 2 ).

2. Hubungkan kabel jumper negatif ( warna hitam ) dari terminal negatif ( - ) atau bodi/ground mobil aki mobil yang bagus ke terminal negatif ( - ) aki mobil yang soak.

3Hidupkan mobil dengan aki yang bagus.


4. Hidupkan mobil dengan aki yang soak.

5. Setelah mobil berhasil hidup, lepas kedua kabel jumper negatif ( warna hitam ) terlebih dahulu.


6. Kemudian baru lepas kedua kabel jumper positif  ( warna merah ).



Setelah mobil berhasil hidup, segera ke toko aki untuk mengganti aki yang soak dengan yang baru sehingga kita tidak perlu menjumper lagi pada saat mobil dimatikan lagi nanti.
Lakukan perawatan aki mobil secara rutin dan kenali gejala aki mobil yang mulai soak untuk menghindari mobil mogok.